Organisasi dan metode merupakan satu hal yang sulit untuk dipisahkan.
Keduanya memilik pengertian masing-masing namun bila disatukan akan
tercipta sebuah keterkaitan yang amat erat.
Organisasi secara umum merupakan suatu kelompok orang dalam suatu
wadah untuk mencapai tujuan bersama.Agar tujuan organisasi dan tujuan
individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka diperlukan
kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak
(pengurus organisasi dan anggota organisasi) untuk bersama-sama
berusaha saling memenuhi kewajiban masing-masing secara bertanggung
jawab, sehingga pada saat masing-masing mendapatkan haknya dapat
memenuhi rasa keadilan baik bagi anggota organisasi/pegawai maupun bagi
pengurus organisasi/pejabat yang berwenang.
Metode adalah cara untuk melakukan pekerjaan agar berdaya guna dan
berhasil guna. Untuk memperlancar jalannya usaha diperlukan
metode-metode kerja yang tepat. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk
mencapai tujuan.
Organisasi memerlukan metode begitupun sebaliknya untuk mencapai
metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, baik yang
menyangkut proses produksi maupun administrasi tidak terjadi begitu saja
melainkan memerlukan waktu yang lama. Bahkan sering terjadi, untuk
memperoleh metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan organisasi,
pimpinan perusahaan meminta bantuan ahli. Hal ini dilakukan karena
penciptaan metode kerja, mekanisme kerja, serta prosedur kerja sangat
besar manfaatnya bagi suatu organisasi
ssumber http://hyrra.wordpress.com/2011/02/25/pengertian-organisasi-dan-metode/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar